Daftar Isi

     

    Keunikan Yang Ada Di Bunaken Pulau Terluar Sulawesi Utara
    Keunikan Yang Ada Di Bunaken Pulau Terluar Sulawesi Utara - Bunaken menyimpinan berbagai keuinikan yang sangat menarik untuk kalian semua ketahui untuk menambah wawasan. Bunaken terletak pada bagian terluar pulau sulawesi utara dengan memiliki luas 8,08km dan telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi pada tahun 1991.

    Sebuah pulau kecil yang memiliki banyak spot menyelam yang sangat keindah dengan terumbu karang dan biota laut lainnya. Banyak para wisatan lokal dan luar negeri yang sangat tertarik untuk pergi kepulau kecil untuk menjelah pulau kecil ini.

    Pada tahun 2005, Taman Nasional Bunaken ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, sebagai pengakuan atas nilai pentingnya bagi dunia.

    Jarang tempuh yang diperlukan untuk kebunaken dari kota manado memakan waktu 30 sampi 45 lewat jalur laut menggunakan kapal ferry.

    Nama Bunaken sendiri berasal dari kata kiwunakeng, yang berarti rumah atau tempat tinggal. Pulau ini mulai ditinggali oleh masyarakat Tanjung Parigi sejak zaman dahulu. Mereka juga menyebutnya sebagai Pamunakeng, yang berarti tempat kapal bersandar.

    Memiliki Warna Launtan Yang Sangat Biru

    Dengan warna lautan yang sangat biru berhasil memikat hati para wisatawan untuk pergi ke bunaken merasakan kesegaran berengan di air laut yang sangat segar. Anda juga dapat melakukan snorkeling dan diving sambil mengamati keindahan terumbu karang didasar laut.

    Surga Bawah Laut Untuk Biota Laut dan Terumbu Karang

    Surga bawah laut dengan terumburan yang sangat banyak dan memberikan keindahan serta menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan kecil. Adan banyak ikan-ikan kecil yang memiliki warna-warna yang sangat menarik menemani Anda saat menyelami laut bunaken.

    Anda bisa berenang bersama penyu ada di laut bunakan sambil menikmaniti keindahan wisata surga bawah laut.

    Tempat Yang Cocok Untuk Menancing

    Untuk Yang sangat hoby memancing juga sangat cocok untuk menguncung bunaken, sudah pasti dijamin tidak akan rugi untuk kesini. Dengan menyewah kapal kecil yang sudah disediakan oleh para masyarakat setempat untuk menujuh spot mancing.

    Budaya Lokal Di Bunaken

    Bunaken juga memiliki budaya lokal yang khas, yang tercermin dari kehidupan masyarakatnya. Masyarakat Bunaken mayoritas beragama Kristen, dan memiliki tradisi yang erat kaitannya dengan laut. Misalnya, mereka memiliki upacara adat yang disebut Mapalus, yang merupakan kerja bakti bersama untuk membersihkan pantai, memperbaiki rumah, atau menangkap ikan. Mereka juga memiliki kesenian yang disebut Maengket, yang merupakan tarian yang diiringi oleh alat musik tradisional seperti gong, tambur, dan suling.

    Demikian sedikit artikel yang membahas mengenai keunikan yang ada di bunaken semoga dapat menmabah wawasan Anda terhadap Bunaken. Selain bunakan juga terdapat pulau indah lainnya di nusantara ini dan tampat menarik yang akan kami bahas dalam blog ini.

    Artikel Terkait:
    Tidak ada komentar